Apakah Diet Stagnan Sehat?

Diet kelaparan juga disebut diet semistarvasi atau diet ketat dan merupakan bentuk diet intermiten dengan asupan kalori harian yang relatif rendah atau sangat rendah. Ini didefinisikan sebagai diet tidak sehat yang kurang dari 800 kalori per hari. Kebanyakan orang mengalami beberapa tingkat kelaparan selama menjalani diet semi-kelaparan.

Mungkin sulit untuk tetap menjalankan diet seperti ini dalam waktu yang lama. Orang sering mengalami perasaan pusing, sakit kepala, mual, muntah bahkan kelelahan. Beberapa orang juga memperhatikan peningkatan suhu tubuh. Selain itu, gejala tersebut dapat menyebabkan masalah pada tidur, pencernaan, dan fungsi tubuh.

Masalah utama dari diet kelaparan adalah kenyataan bahwa hal itu dapat menyebabkan penambahan berat badan yang berbahaya. Selain itu, banyak orang yang mencoba diet kelaparan melaporkan bahwa mereka merasa lemah, lelah, depresi, dan putus asa. Efek jangka pendeknya sudah lebih dari cukup untuk menyebabkan orang menyerah pada dietnya. Namun, efek jangka panjang dapat berupa malnutrisi, kekurangan energi, aliran darah yang buruk, kerusakan saraf, dan dehidrasi. Mereka yang mencoba diet kelaparan bahkan mungkin menderita kerusakan otak permanen.

Langkah pertama dalam menghentikan diet apa pun adalah mengidentifikasi apa yang memicu kebutuhan makan. Masalah utama yang dihadapi banyak orang saat memulai diet adalah makan berlebihan. Makan berlebihan bisa sangat berbahaya dan bisa menyebabkan gangguan makan yang sangat serius. Selain itu, orang yang makan berlebihan akan sering mengemil makanan tambahan sebelum mereka harus makan. Ini bisa berbahaya karena orang yang terlalu banyak makan mungkin tidak merasa kenyang, yang dapat menyebabkan camilan yang tidak direncanakan.

Kesalahan lain yang dilakukan banyak orang saat memulai diet kelaparan adalah makan saat lapar. Jika orang tersebut hanya makan untuk kenyang selama makan, kemungkinan sakit atau lapar meningkat secara dramatis. Selain itu, orang tersebut mungkin merasa sangat lapar di waktu lain ketika dia bahkan tidak makan. Ini bisa sangat berbahaya.

Beberapa orang menemukan bahwa jika mereka mengkonsumsi suatu bentuk diet kelaparan untuk menurunkan berat badan, mereka dapat terus makan sampai mereka sangat lapar lagi. Selain itu, beberapa orang menjadi kecanduan jumlah makanan yang mereka makan karena pola makan kelaparan mereka. Hal ini membuat mereka merasa sangat lapar lagi dan kemungkinan besar mereka akan mengambil lebih banyak makanan agar tidak masuk ke zona berbahaya.

Ini adalah bahaya jangka panjang dari diet kelaparan. Bagi siapa pun yang sedang mempertimbangkan untuk mencoba menurunkan berat badan, penting untuk berbicara dengan dokter mereka tentang bahaya diet kelaparan. Jika Anda akan melakukan ini untuk waktu yang lama, pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang tepat dan olahraga terlebih dahulu.

Ingat, hal terpenting untuk diingat ketika Anda menjalani diet kelaparan adalah jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan, Anda harus disiplin dan mematuhinya. Anda pasti ingin makan saat perut Anda terasa kenyang, dan Anda juga ingin makan sesuatu yang berbeda setiap hari untuk menjaga metabolisme Anda tetap tinggi. Selain itu, penting agar Anda tidak melewatkan waktu makan dan makan pada waktu-waktu tertentu.

Seseorang yang menjalani diet kelaparan mungkin merasa sangat lemah dan lelah keesokan harinya, tetapi ini normal dan tidak ada yang salah. Selain itu, orang tersebut mungkin mulai mendambakan makanan tertentu yang dulu mereka sukai dan nikmati. Jika mereka tidak makan sama sekali dalam waktu yang lama, ini normal.

Yang terbaik bagi Anda adalah menjalani diet kelaparan selama minimal 30 hari untuk melihat apakah penurunan berat badan yang Anda inginkan mungkin dilakukan. Jika ya, Anda siap untuk melanjutkan ke level berikutnya. Jika tidak, maka Anda dapat memutuskan untuk kembali menjalani diet selama 30 hari lagi untuk melihat apakah penurunan berat badan telah kembali.

Tip diet yang sangat penting adalah berbicara dengan dokter Anda jika Anda memiliki pertanyaan. Mereka dapat memberi Anda semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang diet Anda dan apakah itu sehat untuk Anda.